PENGARUH PENGETAHUAN DAN HARGA TERHADAP PENGGUNAAN KOSMETIK YANG MENGANDUNG BAHAN PEMUTIH

Deswati Deswati, Yimmi Syavardie, Tri Astuti

Sari


Indonesia merupakan negara yang mayoritas masyarakatnya memiliki kulit berjenis sawo matang. Sedangkan, salah satu konsep kecantikan yang saat ini beredar di masyarakat adalah memiliki kulit putih dan harga dari kosmetik yang digunakan menimbulkan banyak persepsi dimata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswi Universitas Mohammad Natsir terhadap penggunaan kosmetik pemutih dan mengetahui adanya pengaruh pengetahuan dan harga kosmetik terhadap penggunaan kometik pemutih. Metode yang digunakan adalah survei (nonexperimental) dengan pendekatan secara cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi Universitas Mohammad Natsir memiliki tingkat pengetahuan kategori baik. Pada uji parsial pengetahuan terdapat pengaruh signifikan antara pengetahuan dengan penggunaan kosmetik pemutih dengan nilai t hitung > t tabel (2,136>1,99773). Dan pada uja parsial harga kosmetik tidak terdapat pengaruh signifikan antara harga dengan penggunaan kosmetik pemutih dengan nilai t hitung < t tabel (1,351< 1,99773). Secara simultan menyatakan bahwa pengetahuan dan harga kosmetik dengan nilai f hitung > f tabel (3,340 > 3,14), artinya terdapat pengaruh secara signifikan. Disimpulkan bahwa pengetahuan dan harga secara bersama-sama berpengaruh terhadap penggunaan kosmetik pemutih.


Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Bashirah, D., &Putriana, N. A. (2019). Kosmetik Herbal Yang Berpotensi Sebagai Pemutih Kulit Alami. Jurnal Farmasetika, 4(4), 119–127. Https://Doi.Org/10.24198/Farmasetika.V4i4.23069

BPOM No 12. (2019). Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia.

BPOM No HK.00.05.42.1018. (1999). Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia.

BPOM RI No 23. (2019). Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia. 2010.

Fadhila, K. R., Ningrum, D. R., Rahmawati, A. F., Azzahrya, A. B., Muntari, D. F. A., Agustin, R. A., Larasati, A., Putri, D. A., Java, A. M. El, Sarah, S., Wijayanto, A. B. E., Bowolaksono, R. W., Wahyudi, F., &Nita, Y. (2020). Pengetahuan Dan Penggunaan Produk Pemutih Dan Pencerah Di Kecamatan Sukolilo Surabaya. Jurnal Farmasi Komunitas, 7(2), 56. Https://Doi.Org/10.20473/Jfk.V7i2.21806

Fitriastuti, T. (2016). Manajemen Pemasaran.

Herlina, E. V., Fadhila, K. R., Ningrum, D. R., Rahmawati, A. F., Azzahrya, A. B., Muntari, D. F. A., Agustin, R. A., Larasati, A., Putri, D. A., Java, A. M. El, Sarah, S., Wijayanto, A. B. E., Bowolaksono, R. W., Wahyudi, F., &Nita, Y. (2019). Pengetahuan Dan Penggunaan Kosmetik Pemutih Terhadap Kulit Wajah Pada Mahasiswi Stikes Persada Husada Indonesia Influence Of Knowledge And Use Of Whitening Cosmetics On Stikes Persada Husada Indonesia Students ’ Fa. Jurnal Farmasi Komunitas, 7(20), 56.

Indrayati, A., Farmasi, F., Buana, U., Karawang, P., & Pudding, S. (2015). Formulasi , Uji Stabilitas Fisik Dan Kompatibilitas Produk Kosmetik Anti-Aging Dalam Sediaan Serum. Jurnal Farmasi Komunitas, 1–12.

Muangsal. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 25–39.

Niken Dyahariesti, S.Farm., M.Si2, A. (2020). Evaluasi Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Siswi Sma Negeri 2 Tanjung Terhadap Krim Pemutih Yang Berbahaya. Jurnal Farmasi.

Ningrum, A. M. (2018). Perilaku Pekerja Perempuan Penyapu Jalan Terhadap Kosmetik Untuk Mencegah Terjadinya Melasma Di Kota Tanjung Balai Tahun 2017. Skrip. Http://Repositori.Usu.Ac.Id/Handle/123456789/2904

Ningsih, A., &Nurlela, Dan L. (2016). Pengaruh Pengetahuan Kosmetika Dan Persepsi Mahasiswatata Rias Terhadap Keputusan Pembelian Produk BB Cream Untuk Penampilan Diri. E-Jurnal, 05(01), 1–6.

Pangastuti, J., Sudjiono, S., &Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Paada Counter Wardah Di Borobudur Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69. Https://Doi.Org/10.30737/Jimek.V2i1.424

Putri, A. (2017). Perkembangan Penggunaan Produk Kosmetik Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 59–64. Https://Doi.Org/10.24123/Jeb.V21i2.1637

Retno, H., Auliya, S., &Abdassah, M. (2018). Tinjauan Bahan Berbahaya Dalam Krim Pencerah Kulit. Jurnal Farmaka, 16(2), 214–224.

Sidabutar, A. M. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Korea Etude House (. Skripsi.

Sukeksi, L., Sianturi, M., &Setiawan, L. (2018). PEMBUATAN SABUN Transparan Berbasis Minyak Kelapa Dengan Penambahan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia) Sebagai Bahan Antioksidan Making Of Coconut Oil Based Transparent Soap With Addition Of Noni Fruit Extract (Morinda Citrifolia) As An Antioxidan. Jurnal Teknik Kimia Usu, 7(2), 33–39.

Sukisman, J. M., &Utami, L. S. S. (2021). Perlawanan Stigma Warna Kulit Terhadap Standar Kecantikan Perempuan Melalui Iklan. Jurnal EISSN, 5(1), 67. Https://Doi.Org/10.24912/Kn.V5i1.10150

Susilo, H. (2020). Formulasi Dan Uji Stabilitas Fisik Bedak Tabur Ekstrak Etanol Daun Kapuk Randu ( Ceiba Pentandra ( L .) Gaertn .). Jurnal Kimia, 4(1), 37–53.

Tiara Putri, L., Syukri, Y., &Werdyani, S. (2021). Aplikasi Gold Nanopartikel Dengan Bahan Alam Sebagai Kosmetik Pemutih Wajah: Tinjauan Sistematis. Jurnal Sains Farmasi &Klinis, 8(2), 116. Https://Doi.Org/10.25077/Jsfk.8.2.116-127.2021

Tuahta, G. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan, Pemilihan Dan Penggunaan Kosmetik Pemutih Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran USU. Skripsi.

Wiasti, N. M. (2012). Redefinisi Kecantikan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Perempuan Bali, Di Kota Denpasar. Jurnal Piramida, 6(2), 1–22.

Yulia, E., &Ambarwati, N. S. S. (2015). Dasar-Dasar Kosmetika Untuk Tata Rias. LPP Press Universitas Negeri Jakarta, 53(1), 1–123.




Google Scholar