HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI SERTA PERAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU REMAJA PUTRI DALAM MELAKUKAN PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI DI KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2022

kriscillia molly morita, sri hayulita

Sari


Pengabaian kesehatan reproduksi dapat menimbulkan infeksi alat reproduksi yang dapat menyebabkan infertilitas, salah satu faktor resiko dari infeksi pada saluran reproduksi adalah personal hygiene yang buruk saat menstruasi. Upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah terjadinya masalah bagi remaja putri dalam menjaga kebersihan organ reproduksi adalah dengan melakukan personal hygiene yang baik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan peran orang tua terhadap perilaku personal hygiene remaja putri saat menstruasi di SMP N 7 Kota Bukittinggi tahun 2022. Jenis penelitian Deskriptif analitik dengan Cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh siswi kelas VII dan IX sebanyak 135 orang yang ada di SMP N 7 Kota Bukittinggi. Dengan sampel 57 orang.Pengambilan sampel menggunakan teknik Sistematic Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisa univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui 50,9% berpengetahuan kurang, 56,1% orang tua tidak berperan, 57,9% perilaku personal hygiene remaja putri negatif. Dari hasil uji statistik diperoleh adanya hubungan Pengetahuan remaja putri dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi p_value=0,001 nilai OR 6,900, dan adanya hubungan Peran Orang Tua dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi p_value=0,003 nilai OR 5,333. Kesimpulan adanya Hubungan antara faktor Pengetahuan dan peran orang tua terhadap perilaku personal hygiene remaja putri saat menstruasi. Saran perlu memberikan informasi yang cukup pada remaja putri tentang prilaku personal hygiene  agar dapat tmenghindari komplikasi-komplikasi yang tidak diinginkan nantinya.

 

Kata kunci : Perilaku Personal Hygiene, Pengetahuan remaja putri , Peran orangtua


Referensi


Afiyanti Y PA. Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi Perempuan. Jakarta: RajaGrafindo Persada; 2016.

Ali Muhammad dan Asrori, M. (2009). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ambarwati E. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Anwar, C., Rosdiana, E., Dhirah, U. H., & Marniati, M. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Peran Keluarga dengan Perilaku Remaja Putri dalam Menjaga Kesehatan Reproduksi di SMP Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(1), 393-403.

Arikunto, S. (2013). Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: : Rineka Cipta. .

Aryani, R. (2010). Kesehatan Remaja Problem dan solusinya. Jakarta: Salemba Medika.

Bimo, W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

BKKBN. (2020). Rentang Usia Remaja.

BKKBN. Survei Demografi Dan Kesehatan : Kesehatan Reproduksi Remaja 2017. Badan Kependud dan Kel Berencana Nas [Internet]. 2017;1– 606. Available from: http://www.dhsprogram.com.

Delzaria,Nia. Hubungan Pengetahuan,Sikap Dan Sumber Informasi Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Remaja Putri Di MTs.2021

Dwi Susanti AL, Ardiati AN, Ernawati H, Purwanti LE. Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi. Kesehatan. 2020;11(2):110–4

Farrid,Azzam. Hubungan Peran Orang tua Terhadap Perilaku Hygiene Remaja Awal Yang Mengalami Menstruasi. 2018

Gerungan. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Gunarsa, S. D. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Harahap, Y. W., & Tanjung, W. W. (2021). Pengaruh Rutinitas Yoga (Cobra Pose) terhadap Penurunan Dismenorea Primer pada Remaja Putri di Kota Padangsidimpuan. MPPKI (Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia): The Indonesian Journal of Health Promotion, 4(2), 226-230.

Herawati, M. (2014). Psikologi Ibu dan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan Remaja : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga. .

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018] [Internet]. 2019. 207 from: http://www.depkes.go.id/ resources/ download/ pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Data-dan-Informasi Profil kes Indo

Kusmiran E. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika; 2012.

Natoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:: Rineka Cipta.

Rosyida Desta. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Yogyakarta: Pustaka Baru; 2019. 224

RI, D. (2016). Usia Remaja Indonesia . Jakarta: Dapertemen Kesehatan Republik Indonesia.

Syahda, S. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Peran Orang Tua (Ibu) Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Di Smpn 2 Ukui Kabupaten Pelalawan. Jurnal Doppler, 4(1), 1-9.

Saifuddin, A. ( 2013). Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santrock, J. W. (2011). Adolescence [Perkembangan Remaja] (Alih Bahasa : S. B. Adelar & S. Saragih) (7 ed.). Jakarta: Erlangga.

Sarwono. (2011). Psikologi Remaja . Jakarta: PT. Bina Pustaka .

Saryono dan Anggraeni, M. D. (2013. ). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Setiadi. 2008. Konsep Dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simanjuntak JML, Siagian N. Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Remaja Putri Terhadap Personal Hygine Pada Saat Menstruasi Di Smp Negeri 3 Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Nutr J. 2020;4(1):13.

Siregar. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, . Bandung: : Cita Pustaka Media.

Syahda S, Elmayasari. Hubungan Pengetahuan Dan Peran Orang Tua (Ibu) Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Di Smpn 2 Ukui Kabupaten Pelalawan. J Doppler Univ Pahlawan Tuanku Tambusai. 2020;4(1):1–9.

Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Weinstein, A. M. (2010). Computer and video game addiction – a comparison between game users and non game users. The American Journal of Drug and Alcohol Abuse..

WHO. (2020). Adolescent mental healt. Teen Mental Health. Mental disorders.

WHO. (2020). Usia Remaja.

Yuni Natalia Erlina. Buku Saku Personal Hygiene. Yogyakarta: Nuha Medika; 2015.

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdi Karya.




Google Scholar