Pengaruh Kualitas Pendaftaran Online (Berbasis Web dan Aplikasi) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi

Zulfa Zulfa, Nurul Hasanah

Sari


RSI Ibnu Sina Bukittinggi menciptakan sebuah inovasi pendaftaran online untuk mengurangi penumpukan pasien yang sering terjadi di loket pendaftaran. Setelah dua tahun pendaftaran online ini digunakan, masih banyak pasien yang mendaftar secara langsung dan masih terjadi penumpukan pasien. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini pasien diharapkan lebih memanfaatkan pendaftaran online untuk memutus rantai penyebaran virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pendaftaran online terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSI Ibnu Sina Bukittinggi.
Penelitian ini menggunakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat jalan pengguna web atau aplikasi pendaftaran online sebanyak 2836 orang, dan sampel sebanyak 100 orang yang dijadikan responden dalam penelitian ini. Dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner, dianalisis secara kuantitatif dengan metode univariat dan bivariat (uji chi square).
Hasil penelitian menunjukkan lebih dari sebagian responden menilai pendaftaran online berkualitas sebanyak 60% dan sebanyak 56% responden menyatakan puas. Dan diketahui bahwa ada pengaruh kualitas pendaftaran online (berbasis web dan aplikasi) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSI Ibnu Sina Bukittinggi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditama, Tjandra Yoga. 2015. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UIP

Budi, Savitri Citra dan Soliha Ana Amirotun. 2018. “Keefektifan Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten”. Yogyakarta: Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia

Fadil dan Ruhiat. 2018. “Sistem Informasi Pendaftaran dan Antrian Pasien pada Klinik Dokter Menggunakan Komunikasi Data Internet”. Jurnal. Sumedang: Jurnal Infoman’s

Kinasih, Erlina Dewi. 2019. “Analisis Pelaksanaan Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan (Roemani Online) di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang”. Jurnal. Semarang: Universitas Diponegoro

Malle, Noveni Marlina, dkk. 2013. “Analisis Kualitas Layanan Registrasi Online Universitas Terbuka (Studi Kasus pada Mahasiswa di UPBJJ-UT Kupang)”. Laporan Penelitian Dosen Pemula. Kupang: UPBJJ-UT Kupang.

Muninjaya. 2014. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC

Notoadmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Sa’idah, Nurus. 2017. “Analisis use Behavior pada Sistem Pendaftaran Online E-Health menggunakan Unified Theory of Acceptance Use Technology (UTAUT)”. Jurnal. Surabaya: Universitas Airlangga.

Saputra, Muhammad Ganda, dkk. 2020. “Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Online Tehadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan”. Jurnal. Lamongan: Universitas Muhammadiyah Lamongan




Google Scholar