HUBUNGAN MINAT DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI MAHASISWA S1 KEPERAWATAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN PROFESI NERS

marlina andriani, Willy Mutiara Idra, sri hayulita

Sari


Program Pendidikan Ners merupakan program pendidikan akademik profesi yang bertujuan menghasilkan Ners yang memiliki kemampuan sebagai perawat profesional jenjang pertama,sebagai profesi keperawatan dituntut untuk memiliki kemampuan intelektual, interpersonal kemampuan teknis, dan moral. Hal ini bisa ditempuh dengan meningkatkan kualitas perawat melalui pendidikan lanjutan pada program pendidikan Ners. Diketahui kurang dari separuh (40,0%) mahasiswa keperawatan memiliki motivasi yang rendah dalam melanjutkan pendidikan profesi ners, 41,8% mahasiswa memiliki minat yang rendah dalam melanjutkan pendidikan profesi ners dan 41,8% mahasiswa tidak mendapatkan dukungan dari keluarga dalam melanjutkan pendidikan ners. Program pendidikan profesi ners merupakan rangkaian dari proses pembelajaran oleh karena itu perlu adanya motivasi untuk mencapainya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AIPNI. 2012. Draft Naskah Akademik Sistem Pendidikan Keperawatan Di Indonesia.

Fatimah. (2017) Hubungan Motivasi, Minat, Peran Lingkungan Keluarga, Konsep Diri Dan Sikap Dengan Ekspektasi Mahasiswa Memilih Keperawatan Sebagai Profesi Di Universitas Hasanuddin MakassarFIK Universitas Padjajaran. (2013).

Pedoman Penyelenggaraan PendidikanNers (Program Studi Akademik Dan Profesi) Tahun Akademik 2013/2014.Bandung:

Friedman, M.dkk. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori dan Praktek, Edisi 5. Jakarta: EGC

Fadlilah, M., Komala, T., & Ners, P. (2020). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Minat Melanjutkan Profesi Ners Mahasiswa S1 Keperawatan Reguler Semester VIII

Intening, V. R., & Br Sidabalok, S. R. D. (2018). Hubungan Minat Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Melanjutkan Program Profesi Ners Pada Mahasiswa Tingkat Iv S-1 Ilmu Keperawatan Stikes Bethesda. Jurnal Kesehatan, 5(2), 59–66. https://doi.org/10.35913/jk.v5i 2.96

Lestari, T. R. P. (2014).

Pendidikan Keperawatan:

Upaya Menghasilkan Tenaga Perawat Berkualitas. Nursing Education-Aspirasi,

Notoatmodjo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam & Efendi, F. 2012. Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika

Perceka, A. L. (2020). Hubungan Motivasi Dan Dukungan Keluarga Dengan Keinginan Mahasiswa S1 Keperawatan Semester 8 Untuk Meneruskan Program Profesi Ners. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 115– 121.

Pramudita, F.A. (2016). Hubungan Antara Minat dan Persepsi Terhadap Motivasi Melanjutkan Ners Pada Mahasiswa Keperawatan

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purba, W.D. (2015). Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Motivasi Mahasiswa Menjalani Pendidikan di Fakultas Keperawatan USU

Sandra. R. (2018). Faktor- Faktor Berhubungan Dengan Motivasi Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan Ners Di Stikes Syedza Saintika Padang.

Sardiman (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Simamora, R. 2009.

Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Wulandari, Puput. (2015). Factor-Faktor Motivasi Mahasiswa Keperawatan Untuk Mengikuti Program Profesi. Jurnal Universitas Indonesia.




Google Scholar