Pengaruh Hipnotis Lima Jari Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Dangung-dangung Kecamatan Guguak Tahun 2020

Engla Rati Pratama

Sari


Hipertensi lebih sering terjadi terutama pada lansia dan dapat menimbulkan gangguan psikologis seperti gangguan cemas (ansietas) yang dapat diatasi dengan tindakan nonfarmakologis, salah satunya Teknik Relaksasi Hipnoterapi Lima Jari. Study pendahuluan yang dilakukan di Puskesmas Dangung-Dangung didapatkan data jumlah kunjungan lansia hipertensi 262 orang dari bulan Januari sampai Juni 2019 dan wawancara kepada 4 orang mereka mengatakan cemas dengan penyakitnya dan belum tahu dengan teknik hipnotis Lima Jari. Tujuan Penelitian untuk mengetahui “Pengaruh Hipnotis Lima Jari Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Dangung-dangung Kecamatan Guguak Tahun 2019.” . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rerata skor kecemasan sebelum yaitu 22,11 yaitu kategori kecemasan sedang. Dan setelah dilakukan intervensi menurun menjadi 14,72 yaitu kategori kecemasan ringan. Dengan p_value 0,000 <α=0,05 dan t hitung 8,518 lebih besar dari nilai t tabel 2,119, dimana adanya Pengaruh Hipnotis Lima Jari terhadap penurunan Tingkat Kecemasan pada Pasien Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Dangung-dangung. Kesimpulan: Terdapat pengaruh Hipnotis Lima Jari terhadap Tingkat Kecemasan lansia Hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Dangung-dangung Kecamatan Guguak Tahun 2020.
Saran kepada tenaga kesehatan untuk bisa menerapkan Terapi hipnotis lima jari untuk mengurangi tinggat kecemasan yang dialami oleh lansia dengan hipertensi.

Teks Lengkap:

PDF


Google Scholar